Senin, 05 Desember 2011

Kapolres Asahan Harapkan Pelajar dan Masyarakat Patuhi Lalulintas




Kisaran, (Analisa). Dalam Operasi Zebra Toba 2011 dengan sasaran kendaraan bermotor, Sat Lantas Polres Asahan tetap melakukan kampanye keselamatan lalu lintas, dengan melakukan Choacing Clinic kepada sejumlah pelajar yang ada di Kota Kisaran, Kamis (1/12).
Kapolres Asahan Harapkan Pelajar dan Masyarakat Patuhi LalulintasKapolres Asahan AKBP Drs Marzuki MM, di hadapan seratusan pelajar SMA Diponegoro Kisaran memberikan arahan tentang keselamatan lalu lintas di jalan raya yang harus dipatuhi pengendera bermotor.

"Kita berharap seluruh pengendera bermotor tetap mematuhi aturan lalu lintas," papar Kapolres.

Kapolres mengakui, kecelakaan lalu lintas yang terjadi lebih banyak disebabkan kelalaian manusia dan kecelakaan itu banyak melibatkan para pengendara dengan usia yang masih produktif, seperti anak sekolah.

"Kita tidak ingin kehilangan generasi akibat kecelakaan lalu lintas," paparnya sembari mengatakan, kecelakaan lalu lintas di negara ini cukup banyak mengambil korban jiwa berkisar antara 10 ribu hingga 20 ribu jiwa pertahun.

Melihat dari angka itu, bila dibanding dengan angka kematian akibat bencana alam tidak sampai seperti jumlah meninggal dunia dalam peristiwa laka lantas.

"Kami berharap kepada para pelajar untuk mematuhi aturan lalu lintas, dengan mengenakan kelengkapan kendaraan seperti helm, menghidupkan lampu pada siang hari dan kaca spion dan yang paling penting surat-surat kendaraan," tandas Kapolres yang dalam acara itu menyerahkan helm kepada sejumlah pelajar.

Kasat Lantas Polres Asahan AKP Eko Hartanto S.Ik mengatakan, dalam Operasi Zebra ini, selain memberikan tindakan tegas kepada pengendara sepeda motor yang tidak mematuhi aturan lalu lintas, pihaknya juga tetap melakukan sosialisasi seperti Choacing Clinic keselamatan lalu lintas yang disampaikan Kapolres, juga tindakan persuasif dengan teguran.

"75 persen kita melakukan tindakan tegas dengan memberikan tilang dan 25 persen lagi sosialisasi dan persuasif," paparnya.

Dia berharap kepada masyarakat, khususnya bagi pengendara sepeda motor untuk melengkapi kendaraan seperti helm, kaca spion dan menghidupkan lampu pada siang hari plus melengkapi surat-surat kendaraan seperti STNK dan juga SIM. "Kelengkapan kendaraan sangat penting dalam berkendaraan," paparnya.

Salah seorang pengurus PKS SMA Diponegoro menyambut baik Coaching Clinic Keselamatan Lalu Lintas yang dilaksanakan Sat Lantas Polres Asahan, selain pengetahuan tentang peraturan lalu lintas, juga menyadarkan betapa pentingnya kelengkapan kendaraan itu.

"Selama ini kita melihat masyarakat, enggan dan merasa risih dengan kelengkapan kendaraan, padahal semua itu adalah untuk keselamatan diri sendiri," paparnya. (aln)
Sumber : analisadaily.com

0 komentar:

Posting Komentar

kompas.com