Rabu, 14 Desember 2011

Desa Sei Silau Timur Resmi Jadi Desa Informasi

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) meresmikan Desa Sei Silau Timur, Kecamatan Buntu Pane, Kabupaten Asahan, provinsi Sumatera Utara menjadi Desa Informasi.
Peresmian Desa Informasi dilakukan oleh Dirjen PPI, Syukri Batubara, beliau mengharapkan Desa Sie Silau Timur yang ditetapkan sebagai Desa informasi kedepan tidak lagi ketinggalan informasi dengan daerah atau desa lainya, Selasa,13 Desember 2011.

Dirjen PPI menjelaskan bahwa untuk mengatasi kurangnya informasi di wilayah khusunya Desa, kini  pemerintah membangun Indonesia Konetif atau Indonesia tersambung. Tujuanya agar masyarakat lebih mudah mengatasi kesenjangan informasi antara pusat dan daerah serta informasi lainya, sehingga dibagunlah sebuah Desa Informasi, Desa Dering , Desa Pintar dan mobil pelayanan internet kecamatan (M-PILK).

“ Untuk menyambungkan desa-desa di wilayah Indonesia ini bukan hanya jembatan, tapi komunikasi dapat menyambungkan kita dengan daerah lainya, apalagi Indonesis memiliki 17.508 pulau, bagaimana cara berkomunikasinya, maka kita bagunlah program tersebut, “ kata dirjen PPI.

Dirjen juga menjelaskan bahwa alasan menteri menetapkan Desa Sei Silau Timur ini sebagai Desa Informasi adalah Kabupaten Asahan berbatasan langsung dengan negara lain, sehingga sangat dibutuhkan informasi cepat atas perkembangan diwilayah perbatasan, kemudia karena masayarakat Asahan sangat dinamis. Dirjen juha meminta kepada Desa Sei Silau Timur untuk mempergunakan alat komunikasi tersebut dengan seoptimal mungkin.

Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP menjelaskan bahwa dengan diresmikannya Desa Sei silau Timur sebagai Desa Informasi dan telah terbentuknya kelompok informasi masyarakat (KIM), maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan berkomitmen untuk terus berupaya secara bertahap dan berkesinabungan dalam membentuk kelompok informasi masyarakat di 204 Desa se Kabupaten Asahan pada tahun 2012 mendatang.

Bupati meyebutkan bahwasanya M-PLIK yang telah diberikan kepada Pemkab Asahan sebanyak 4 unit, secara rutin akan beroperasi pada setiap hari Kamis saat pertemuan antara Pemkab dengan masyarakat di Kecamatan stiapn minggunya secara bergulir “ Kami menyambut baik program ini, diharapkan kehadiran program ini dapat menjadi solusi atas kebutuhan informasi bagi warga Asahan, sehingga dapat mewujudkan masyarakat Asahan yang religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri, “ kata Bupati Asahan.

Acara peresmian Desa Informasi tersebut dirangkai dengan dialog dengan Kelompok Informasi Kecamatan (KIM), kemudian peninjauan fasilitas Radio Komunitas, sekaligus dirjen PPI melakukan siaran langsung diradio yang dipandu oleh penyiar RSPD Asahan, Vone Velash Marpaung, selanjutnya memantau M-PLIK, dan Desa Dering, pemberian cendera mata, pemberian radio monitor, penandatangan sampul pos dan prasasti. (Humas-1)
Sumber : Humas Setdakab Asahan

0 komentar:

Posting Komentar

kompas.com