Rabu, 02 Februari 2011

Lima Fokus Pembangunan Kabupaten Asahan

MedanBisnis – Kisaran. Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang mengatakan ada lima fokus pembangunan yang akan dijalankan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Asahan untuk mewujudkan visi dan misi yakni mewujudkan Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri.
"Pembangunan yang difokuskan yakni tata kelola pemerintahan, pembagunan bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertanian, kehutanan, UMKM, Koperasi yang dibarengi iman dan taqwa (Imtaq)," kata Taufan kepada seluruh lapisan masyarakat, Rabu (29/12), di gedung olahraga (GOR), Kisaran.

Bupati menyampaikan hal tersebut dalam acara ekspose setelah disahkannya Rancangan Anggran Pendapatan Belanaja Daerah (RAPBD) Asahan tahun 2011 oleh DPRD Asahan untuk memberikan informasi kepada masyarakat Asahan tentang rancangan pelaksanaan program pembagunan pemerintah Asahan tahun 2011. "Program dan APBD Asahan 2011 kita ekspos agar masyarakat mengetahuinya. Setelah itu diharapkan masyarakat dapat mendukung dan partisipasinya untuk mewujudkan visi dan misi Pemkab Asahan," sebut Taufan

Taufan juga memaparkan kegiatan strategisnya tahun 2011 yakni untuk melaksanakan pembagunan Asahan, bahwa desa dan kelurahan sebagai basis utamanya. Karena, kata Taufan yang akrab dipanggil Buya ini, Pemkab Asahan akan memberikan bantuan keuangan kepada desa dan kelurahan untuk dilakukan pembagunan di desa. "Saya akan berikan desa bantuan mulai dari Rp 100 juta hingga Rp 300 juta per tahun. Bahkan saya akan memberikan lebih, bila bantuan tersebut dapat dikelola dengan baik," terang Taufan

Pemkab Asahan juga akan melakukan pembangunan jalan mantap, sarana irigasi, normalisasi dan pembentengan Sungai Asahan, pembangunan Masjid Agung, pembanguan hutan kota dan alun-alun. Kemudian, bedah rumah, pembanguan objek wisata dan beberapa pembangunan lainya.

Taufan menjelaskan struktur R-APBD Asahan 2011 dengan pendapatan Rp 698 miliar lebih, belanja Rp 711 miliar lebih, defisit Rp 13 miliar lebih. "Memang APBD kita tahun ini menurun dibandingkan tahun 2010. Saya menilai banyak item-item yang tidak perlu dan salah tempat, sehingga banyak SKPD yang dananya dikurangi," papar Taufan sembari menyontohkan anggaran Humas Pemkab Asahan pada tahun 2010 sebesar Rp 1,8 miliar kini menjadi Rp 950 juta. Dengan pengurangan anggaran tersebut, tidak ada lagi honor pembuatan berita.

Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat Asahan untuk berperan serta dan mendukung pelaksanaan pembangunan di Asahan. "Informasi yang saya sampaikan tadi semoga dapat mendukung visi dan misi Pemkab Asahan ke depan," harap Taufan.

Acara ekspose tersebut juga dirangkai dengan pemberian bantuan kepada Dinas Tata Kota berupa mobil pengangkut sampah, pihak kepolisian berupa mobil patroli dan pihak TNI berupa mobil dinas. (indra sikoembang)

http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2010/12/30/13002/lima_fokus_pembangunan_kabupaten_asahan/

0 komentar:

Posting Komentar

kompas.com