Rabu, 05 Oktober 2011

Asahan : Desa Prapat Janji Kampung Antara Kembali di Landa Banjir

asahan ( berita kisaran desa Prapat Janji )
Lagi lagi Banjir di alami Desa Prapat Janji dusun Antara kecamatan Buntu Pane. Kali ini banjir datang dari hulu sungai yang dimulai pukul 06.00 wib ( 04/10-2011 )pagi tadi dan hingga pukul 10.00 Wib banjir belum surut.Banjir melewati badan jalan umum membuat pengguna jalan kewalahan dan tak jarang ditemukan kendaraan mati tiba tiba akibat busi kendaraan terkena air.Banjir juga menggenangi perumahan masyarakat yang diantaranya kedalaman mencapai ± 1,2 meter. Diperkirakan jumlah Rumah yang tergenang ± 45 Rumah tangga. Banjir Juga menggenangi Madrasah Alwasliyah Prapat Janji yang mengakibatkan proses belajar mengajar terhambat.
Dilokasi kejadian hadir Kapolsek Prapat Janji Syahril.M dan para anggota, Sekcam Kecamatan Buntu Pane Marasakti Srg. Yang didampingi Kasi Kesos saudara Amran serta Kepala desa Prapat Janji Indra Mahyudi Sitorus dan kepala dusun Antara. Kapolsek Prapat Janji turun langsung ke lapangan dan menertibkan arus hilir mudik di jalan yang tergenang air dan melakukan evakuasi bencana., dan masyarakat yang tidak terkena banjir menyiapkan makan siang bagi warga yang terkena banjir.
Asahannews melakukan konfirmasi langsung kepada Kepala desa Prapat janji Indra Mahyudi Sitorus yang berada di lokasi banjir tentang sebab akibat banjir yang setiap tahun melanda Dusun Antara beliau menyampaikan dengan rasa kesal karena sudah berulang kali sebab musabab banjir ini disampaikan kepada Pemerintah kecamatan dan anggota Dewan selama ia menjabat menjadi kepala desa dan hasilnya sampai sekarang belum terealisasi.Pengusulan tanggul juga sudah berulang kali disampaikan namun tidak ada realisasinya sampai saat ini. Beliau juga menyampaikan Tanggul Banjir sudah banyak yang jebol.Tanggul Banjir di Desa Prapat Janji mempunyai 6 titik dan yang jebol diperkirakan kurang lebih 600 Meter. Namun hingga saat ini permasalahan belum terselesaikan.
Dengan keberadaan kapal keruk yang ada di Asahan,Kepala desa Prapat Janji juga mengharapkan pihak Pemkab Asahan agar melakukan pengerukan Sungai silau.
Hal senada juga disampaikan Sekcam Marasakti.Srg dan Kasi Kesos Kec. Buntu Pane Amran, yang hadir di daerah bencana mengatakan Banjir ini terjadi diakibatkan tingginya curah hujan ,beliau membenarkan kondisi Akibat banjir yang disampaikan kepala Desa dan mengharapkan adanya pengerukan sungai dan melakukan pendalaman, dan akan melakukan koordinasi dengan pihak Pemkab atas kejadian yang berulang ini.
Kepala Desa Dalam hal ini juga berharap peran PU PERAIRAN SUMATERA UTARA untuk masalah banjir di Prapat janji agar tanggap terhadap Masalah Banjir yang menimpa masyarakat yang bermukim di sekitar pinggiran sungai, kasihan masyarakat.
Untuk kejadian banjir ini agar segera ditanggapi Pemkab Asahan dan PU Perairan Sumatera Utara dan untuk tahun yang akan datang desa Prapat Janji diharapkan Bebas dari bencana Banjir.Jangan lagi menunggu banjir air mata rakyat ( asn 04/10/011 )
 Sumber : asahannews.com

0 komentar:

Posting Komentar

kompas.com