Senin, 06 Juni 2011

Kelulusan UN SMP 99,96 Persen

KISARAN-Angka kelulusan ujian nasional (UN) bagi siswa SMP/MTs tahun pelajaran 2010-2011 di Kabupaten Asahan mencapai 99,96 persen. Kelulusan tahun ini lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yakni 98,74 persen. Kepala Dinas Pendidikan Asahan Drs H Zainal Arifin Sinaga MH melalui Kepala Seksi SMP Syafaruddin kepada METRO, Minggu (5/6) mengatakan, jumlah peserta UN di Asahan sebanyak 12.624 orang. Dari jumlah tersebut, lima peserta dinyatakan tidak lulus.
“Kelima siswa yang tidak lulus UN itu terdiri dari 4 Siswa SMP dan 1 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs). Kelulusan UN serentak diumumkan pada Sabtu (4/6) di seluruh sekolah peserta UN di Kabupaten Asahan,” ujarnya.
Dijelaskan Syafaruddin, siswa peserta UN berasal dari SMP/MTs se-Asahan dengan rincian, 52 SMP negeri dan 39 SMP swasta, MTs Negeri 2 sekolah dan MTs swasta sebanyak 73 sekolah.
Ditambahkannya, UN SMP/MTs tahun ini menggunakan sistem yang sama dengan sistem UN SMA. Para siswa harus memenuhi standar nilai minimal kelulusan 5,5.
Bobot nilai untuk UN tahun ini adalah 60 persen, dan 40 persen sisanya akumulasi dari nilai rapor rata-rata dari semester I hingga semester V.
Sementara itu informasi yang diperoleh METRO menyebutkan, pengumuman kelulusan UN yang digelar di sekolah peserta UN berjalan aman dan tertib. Terlebih lagi bahwa untuk menerima hasil kelulusan, siswa diwakilkan kepada orangtua siswa.
Sahri SE salah seorang guru MTs dan SMP Al Washliyah Prapat Janji, Kecamatan Buntu Pane mengatakan, di sekolahnya yang diundang untuk mengetahui kelulusan UN adalah orangtua siswa. Hal itu telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Dmeikian juga di sekolah lainnya, yang menerima hasil kelulusan UN adalah orangtua siswa. (van)

Sumber : Kelulusan UN SMP 99,96 Persen

0 komentar:

Posting Komentar

kompas.com