Kamis, 31 Maret 2011

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran 2 Masjid di Asahan

Medan - 2 Masjid di Aek Kuasan, Asahan, Sumatera Utara (Sumut) terbakar. Belum diketahui apa penyebab peristiwa tersebut. Polisi kini tengah melakukan penyelidikan penyebab kebakaran tersebut.

Kedua masjid yang terbakar itu yakni Masjid Al-Hikmah di Dusun VI, dan Masjid At-Taqwa di Aek Loba, yang berjarak sekitar 200 kilometer dari Medan, ibukota Sumut. Kebakaran terjadi pada Kamis (31/3/2011) dini hari.

Hasil penyelidikan, untuk sementara pihak kepolisian menyimpulkan tidak ada unsur kesengajaan dalam kasus tersebut. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Sumut Komisaris Besar Polisi Hery Subiansauri menyatakan, polisi masih mendalami penyelidikan kasus kebakaran itu.

"Ada tiga hal otentik yang harus dilihat, pertama warga di sana umumnya beragama Islam, kemudian kedua, masjid itu sering digunakan warga di sana, dan ketiga tidak ditemukan adanya barang bukti berupa benda-benda yang menunjukkan adanya unsur kesengajaan," kata Hery Subiansauri kepada wartawan di Medan.

Keterangan yang diperoleh menyebutkan, api mulai terlihat membakar Masjid Al-Hikmah sekitar pukul 02.00 WIB. Upaya warga untuk mengatasi kebakaran sulit dilakukan karena api sudah membakar bagian atap masjid. Dalam waktu yang tidak terpaut jauh, Mesjid At-Taqwa, yang berada di Aek Loba, Aek Kuasan, juga terbakar.

Hal ini membuat masyarakat sekitar berspekulasi adanya unsur kesengajaan dalam kasus terbakarnya kedua masjid ini. Namun Hery Subiansauri menyatakan penyebab kebakaran itu bisa bermacam-macam, termasuk kemungkin adanya unsur konsleting listrik.

"Kepastian penyebab kebakaran tentu menunggu hasil penyelidikan," imbuhnya.


Sumber :  Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran 2 Masjid di Asahan

0 komentar:

Posting Komentar

kompas.com