Kamis, 10 November 2011

Pemkab Asahan Gelar Sosialisasi Pembentukan BUMDes

Pemerintah Kabupaten (Pemkab ) Asahan menggelar sosialisasi pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pembentukan BUMDes tersebut bertujuan untuk mengembangkan potensi perekonomian wilayah guna meningkatkan ekonomi masyarakat desa secara keseluruhan dan mampu membuka lapangan kerja dalam rangka mengatasi pengangguran.

Wakil Bupati Asahan, H Surya BSc menjelaskan bahwa Pemkab Asahan telah membuat beberapa terobosan dalam rangka percepatan pembgunan perdesaan, diantaranya program bantuan keuangan bagi Desa dan Kelurahan sebesar Rp 100 hingga 300 juta untuk setiap Desa dan Kelurahan, PNPM mandiri pedesaan, bantuan modal bagi UKM, alokasi dana desa (ADD) dan lain-lain.

“ Program itu semuanya adalah wujud kepedulian Pemkab kepada Desa dan Kelurahan, dan ditambah lahi dengan program baru BUMDes, “ kata Wakil Bupati Asahan, Rabu 9 November 2011 di ruang Melati Pemkab Asahan.

Mengenai BUMDes, Wakil Bupati menjelaskan BUMDEs merupakan wadah pengembangan jiwa kewirausahaan sekaligus menciptakan kesempatan kerja di Desa sesuai dengan amanat Permendagri nomor 39 tahun 2010 tentang BUMDEs. Diharapkan  nantinya dalam menerima sosialisasi tersebut peserta diminta untuk memahami bekal dasar yang akan diterima selama berjalanya sosialisasi, karena hal ini akan terwujud secara nyata apabila peserta dapat memahami dan menerapkan secara baik dan benar dengan tetap menjaga memelihara dan meningkatkan mamajemen pemerintahan Desa.

Sementara itu, Kepala Bapemmas dan Pemdes Asahan, Taufik ZA mengatakan sosialisasi BUMDEs tersebut diikuti oleh seluruh Kepala Desa, Camat sekabupaten Asahan, SKPD terkait. Dalam sosialisasi tersebut diisi oleh nara sumber yakni, Kepala Bapemmas da Pemdes Propinsi Sumatera Utara, Rusli Abdulah, Regional management consultant Medan dan Pinbuk Kabupaten Asahan. (Humas Asahan)

0 komentar:

Posting Komentar

kompas.com